Skip to main content

How To Be A Good Driver

(Source: pinterest.com)

“If you don’t like something, change it. If you can’t change it, change your attitude. Don’t complain.” – Maya Angelou

Hampir di antara kita semua pasti bisa yang namanya ngoperasiin/ngemudiin kendaraan bermotor entah itu sepeda motor atau mobil. Pernah ngalamin hal buruk di jalan gak sih, girls? Kalo liat berita di tv atau internet suka ngeri sendiri. Entah itu penyebabnya dari orang lain atau malah diri kita sendiri. Sebagai pengendara yang baik, kita harus tau etika-etika apa saja di jalan raya. Kalo disebutin satu-satu bakal banyak banget, but this is my true experiences since I got my driving license.

1.  Peraturan Bukan Untuk Dilanggar
Pernah kena tilang? Gimana rasanya? Sebel sama Pak Polisi, jadi terlambat ke tempat tujuan, masih harus datang ke pengadilan buat ambil SIM/STNK yang di tahan? Sebel pasti iya! Tapi di balik menyebalkannya Pak Polisi, kita jadi diingatkan betapa pentingnya peraturan lalu lintas yang kita langgar itu. Semisal ada rambu bertuliskan “BELOK KIRI JALAN TERUS” seharusnya kita berhenti di dalam marka jalan, tapi karena udah penuh banget jadi kita milih berhenti sedikit di luar garis marka jalan. Walaupun itu “sedikit” tapi tetep itu melanggar hak pengguna jalan yang lain yang mau “BELOK KIRI JALAN TERUS”. Coba kita di posisi mereka, pasti kita sebel banget juga kalo hak kita di ambil. Jalan jadi tersendat. Kita bisa ditilang lho, girls.

2. Bijak Dalam Menggunakan Klakson
Girls, kalo kita udah turun di jalan berarti siap mau gak mau menerima orang-orang dengan berbagai watak. Contohnya orang yang gak sabaran. Bentar-bentar bunyiin klakson. It’s ok kalo buat memperingatkan depan kita atau samping kita. Kayak mereka main hp sambil berkendara, atau ngobrol asik jejer dua menuhin jalan, ough it’s so annoying dan bahaya pastinya. Kita boleh tu bunyiin klakson biar mereka sadar. Tapi kalo di dalam kemacetan bunyiin klakson? Gak ada guna. Gak bakal bikin macet itu terurai. Malah nambahin stress pengendara yang lain.

3. Indahkan Zebra Cross

(Source: pexels.com)

Pas kita mau nyebrang zebra cross pernah gak sih nemuin malah ada pengendara yang macu kendaraan dalam kecepatan tinggi dan lebih parahnya malah bunyiin klakson keras dan panjang? It’s so dangerous, right?! Buat si pengendara atau si pejalan kaki. Toleransi dalam berkendara itu penting banget! Apa sih susahnya mengurangin laju kecepatan dan membiarkan si pejalan kaki jalan lewat dengan aman? Gak susah, guys. Apalagi mereka nyebrangnya di zebra cross. Itu hak mereka. Dan disanalah tempat mereka merasa aman buat nyebrang.

4. Saling Menghargai Antar Pengendara

(Source: pexels.com)

Memupuk kesadaran untuk menghargai sesama manusia bisa dimulai dari ketika kita berkendara. Kita balikin lagi aja, girls. Kita misalkan aja kalo kita ada di posisi mereka. Gimana perasaan kita kalo digituin. Gak dikasih celah buat nyebrang, atau ambulance yang mau lewat. Lebih parahnya kita bakal sampe kena tilang, bukan masalah SIM/STNK kita yang ditahan. Tapi malunya itu, kita disemprit Pak Polisi buat menepi di pos polisinya dan diliatin banyak orang satu perempatan. Duh, keliatan banget kalo gak tertib ya.

Pepatah lama bilang “Pengalaman adalah guru terbaik”

Sincerely

Syafika

Comments

Pop Posts

Maraville Coffee

Braga Street - Bandung

When I’m Talking About SELF-LOVE