Skip to main content

FKY 2017 For The First Time

Salaaaam...

"Food is not rational. Food is culture, habit, craving and identity." - Jonathan Safran Foer


Tuh kan, aku nepatin buat posting FKY (FESTIVAL KESENIAN YOGYAKARTA) 2017. Tema yang diusung tahun ini adalah "UMBYAR MAK BYARR!" lokasinya ada di Planet Pyramid, Jl. Parangtritis km 5.5, Bangunharjo, Bantul, DIY. Sebenernya ada banyak tempat sih, kayak di Pasar Ngasem sama di Pendopo Tamansiswa, aku aja sampe dikirimi lewat DM, foto agenda apa aja yang bakal berlangsung di FKY tahun ini, baik banget kan ya wkwk.

Ini kali ke 29 FKY diadain, and you have to know that this is my very first time to come to this event!
Biasa, perginya sama Desty & Lia, karena sama mereka aku bisa jadi orang gila. Kami perginya hari Senin malam habis maghrib naik motor, as always. Perjalanan cuma sekitar 30 menit dari rumah kami (karena rumah kami ber-3 lumayan deketan) lewat ring road selatan. Sampe sana jelas rame banget, mana Jl. Parangtritis selalu macet. Masuknya gratis kok, bayar parkir aja.

Hal pertama yang dilakukan adalah liat pameran seninya yang ada di dalam pyramid. Yang paling excited itu pas liat angklung otomatisnya itu, komposisi musiknya bagus banget. Ada lumayan banyak sebenernya yang dipamerin, cuman ya karena saking banyaknya yang masuk dan liat, jadi kami cuma liat angklung tadi dan langsung keluar.

Di FKY juga buka workshop kemarin aku liat, pop up class gitu, bikin sablon baju kalo gak salah dan free entry! Jelas dong bule-bule langsung pada ikutan.

Sebenernya banyak spot buat foto, tapi mirrorless eyke gak mendukung buat foto minim cahaya, mau pake flash takut mencuri perhatian banyak orang haha. Seandainya datengnya agak sorean pasti aku bakal upload spot-spot yang ada disini. Ada banyak kerajinan, seni kriya, crafting, handmade anak-anak muda Jogja. Bagus-bagus banget pokoknya.

Karena kami datang dalam perut kosong jadi yang kami taksir dari FKY malam ini adalah kulinernya!
Beuhhh, semua tempat duduk penuh, kalopun itu kosong ya cuma satu bangku sedangkan kami ber-tiga. Yang paling pertama dicoba itu adalah rekomendasi dari Desty, soalnya kemarin dia habis dari FKY, terus besoknya sama kami -_- Dia merekomendasikan sama kami itu JENANG GEMPOL!

Jenang Gempol
Pertama kali makan ini itu di rumah Ina minggu lalu dan sekarang ini kali kedua di FKY. Antrinya mayan panjang dan minim bangku. Tapi it's ok lah, soalnya kami juga masih antri. Ada emak bule sama anaknya dua cowok lagi makan juga. Anaknya yang paling kecil kalo diliat keknya favorit dia si monte atau mutiara. Habis semangkok monte dia wkwk. Aku pengen moto dia tapi takut menganggu kenikmatan. Kasian tau si bontot itu, Dia ke FKY gak pake baju, cuma celana aja dan badannya penuh luka-luka lecet gitu, auk deh itu emak bule kenapa gak nge-baju-in anaknya.

Nah, bule itu pergi terus gantian kami yang duduk, satu porsi harga IDR 10.000 emmm... agak mahal sih menurutku, soalnya gak cukup satu porsi, pengen nambah. Desty pesen komplit with si gempol, sedangkan aku sama lia without si gempol. Soalnya menurutku rasanya kalo orang jawa bilang "anyep" atau dingin tanpa rasa. Tapiiiiiii...  Gak pake gempol itu gak mengurangi cita rasa. Enaaaak... Masya Allah lah. Manis dari jenang sama monte, gurih asin dari si santan. Yang tambah bikin HQQ lagi itu cara penyajiannya. Pake piring dari seng/bleg, dialasi daun pisang, pake sendoknya dari batok kelapa. Perfecto lah pokoknya.





Bakso Bakar
Lanjut menu kedua. Desty pengen bakso bakar, yaudah aku ikut aja. Pada dasarnya si yang nulis postingan ini doyan semua makanan, selama itu enak dan halal haha. Yang jual si cici-cici, 1 tusuk terdiri dari 10 bakso, harganya IDR 10.000. Bisa request pedes biasa atau pedes banget. Berhubung ini anak gak doyan yang terlalu pedes jadi ya pesennya yang pedes biasa, tapi ini menurutku pedes banget. Disini lagi-lagi juga antri. Setelah selesai antri, kami mencari tempat duduk yang kira-kira selo, dan ketemu, kami duduk disitu.




Telur Gulung
Aku sama Desty udah dapet bakso bakar, giliran Lia yang cari cemilannya dia. Dia milih buat beli telur gulung. Karena stand ini the one and only, jadi antrinya gak nanggung-nanggung. Panjang beeeet. Sembari Lia antri telur, aku cari minum teh tarik buat bertiga satu gelasnya IDR 10.000. Desty tunggu bangku. Lia juga beli telur isi 10 tusuk harga IDR 10.000. Soal rasa sih enak wkwkwk apalagi saosnya, atau mungkin karena lapar? Kalo bisa disimpulin harga makanan di FKY ini sekitar sepuluh ribuan.


Setelah semua makanan terkumpul, baru deh kami menikmati sambil ngobrol gila dan seru. Sampe gak sadar udah jam setengah sepuluh. Berarti waktunya untuk pulang.

Nah, sekian report kali ini wkwkwk. Semoga bisa menjadi referensi buat kalian yang belum ke FKY.
See yaa...

Sincerely,

   Fika



Comments

  1. Learn How to Play Baccarat | FairPlay Casino
    The baccarat game is played by two players. the player must beat the banker and each player must win the bet. Once the game has started, 모바일 바카라 it can be played from any

    ReplyDelete

Post a Comment

Pop Posts

When I’m Talking About SELF-LOVE