Skip to main content

#NgemilBijak HEALTHY SNACKS, PERILAKU MAKAN & GAYA HIDUP YANG SALAH

(Source: pexels.com)

    Apa yang perlu kita ketahui tentang healty snacks?

    Kita sering sekali mendengar jika ngemil healty snacks lebih baik daripada junk food atau sweets. Tapi, gimana ya caranya membedakan cemilan sehat dan yang bukan?

    Jadi ini beberapa fakta yang perlu kita ketahui tentang healty snacks!

    Berapa banyak kalori yang kita butuhkan untuk ngemil healty snacks?

    Snack yang sehat itu kalorinya tidak lebih dari 200cal. Dan yang lebih penting ternyata nutrisi yang ada di dalamnya, bukan jumlah kalorinya.

    Kapan waktu yang tepat untuk ngemil?

    Lebih baik ngemil ketika kita sedang lapar. Tapi tidak ada aturan yang membatasi kapan harus ngemil. Karena semua tergantung sama jenis cemilan yang kita makan.

Nutrisi didalam healty snacks

    Sebelum pilih cemilan, pastikan dulu snacks kita mengandung protein dan lemak sehat seperti oats atau granola.

Cemilan tidak sehat yang harus kita hindari

    Dari sekian banyak cemilan yang bisa kita konsumsi, kita harus menghindari cemilan yang tidak punya nilai gizi, banyak gula, lemak, pewarna, dan bahan kimia lainnya.

Pilih cemilan yang tepat!

    Pernah merasa lapar padahal baru makan? Ngemil adalah solusinya! Eits, tapi tunggu dulu. Ngemil yang mau kita konsumsi harus kita perhatikan juga sehat atau tidaknya.

(Source: pexels.com)

Ini dia 5 camilan yang sehat, ngenyangin, juga bisa menjaga bentuk badan.

Dark Chocolate

    Dengan 1-2 gigitan, dark chocolate bisa menganjal perut kita lebih lama dari ngemil yang tidak sehat. Selain itu, antioksidannya bagus buat kulit kita dan bisa menurunkan stress.

Telur Rebus

    Telur menjaga kita dari rasa lapar lebih lama dibanding roti panggang atau sereal. Protein dan lemak di dalamnya bisa menjaga jumlah energi kita, jadi tidak heran setelah makan 1 butir telur rebus, kita bisa merasa kenyang.

Pisang

    Selain bikin kenyang, pisang bisa melancarkan pencernaan. Jadi buat yang merasa buncit karena susah BAB, makan pisang yang kaya vitamin C ini pas sebagai cemilan.

Satu genggam penuh Berries

    Berries kayak strawberry, blueberry, dan raspberry adalah salah satu cemilan yang rendah kalori dan rendah gula. Dengan segenggam penuh berries perut kita kenyang, badan pun tidak cepat melar.

Cookies

    Cookies dari bahan oats atau granola dan biji-bijian bisa jadi salah satu alternatif buat mengisi waktu ngemil kita. Jadi selain mengenyangkan, bentuk badan kita juga tetep terjaga.

(Source: pexels.com)

    Kepingin ngemil tapi takut salah pilih? Jangan khawatir! Berikut 3 tips yang perlu diingat sebelum memilih cemilan agar badan tetep sehat dan bentuk badan tetep terjaga.

Rendah Kalori

    Pilih cemilan rendah kalori yang perpenyajiannya mengandung tidak lebih dari 200cal. Jadi tidak perlu takut bentuk badan jadi cepet berubah gara-gara ngemil.

Super Sehat

    Daripada ngemil gorengan yang jelas-jelas tidak sehat, pilih cemilan yang mengandung banyak vitamin dan mineral juga antioksidan

Kaya Serat

    Pilih cemilan yang mengandung serat. Makanan yang banyak serat membuat kenyang lebih lama dan pencernaan jadi lebih lancar. Cari cemilan yang terbuat dari berbagai jenis gandum dan buah-buahan karena pasti sangat mengenyangkan!

Ada 3 tips #NgemilBijak ala Ibu-Ibu Doyan Nulis

   Kenali isyarat tubuh mengapa Anda ingin ngemil, misalnya apakah karena lapar ataukah perlu untuk mengembalikan mood.

    Kemudian Anda bisa memilih apa camilan yang tepat berdasarkan isyarat tubuh tersebut, tentunya dengan memperhatikan porsi camilan dan waktu ketika Anda ngemil.

    Perhatikan bagaimana Anda ngemil, dengan memaksimalkan semua indera Anda, karena Anda akan dapat mengenali isyarat tubuh, kapan harus berhenti ngemil.

(Source: pexels.com)

    Agar tidak menjalani gaya hidup dan kebiasaan makan yang salah, kita harus tau dulu beberapa kesalahan ketika makan & perilaku gaya hidup yang harus kita ubah.

Salad dengan Creamy Dressing

    Salad dressing seperti thousand island, Caesar, atau mayonnaise punya kandungan lemak, natrium, dan juga kalori yang tinggi. Untuk pilihan yang lebih sehat, kita bisa menggunakan setengah porsi dari jumlah salad dressing biasanya, atau ganti dengan plain yoghurt atau crushed creamy avocado lemon.

Roti dan Selai Sebagai Cemilan

    Banyak yang tidak sadar jika roti putih punya kandungan karbohidrat yang tinggi dan serat yang sedikit. Apalagi ditambah selai, kadar gula yang ada semakin meningkat. Sebagai penggantinya, ganti roti tawar putih dengan roti gandum yang kaya serat.

Buah Sesudah Makan

    Jika selama ini buah dianggap sebagai hidangan penutup, ternyata untuk mendapatkan manfaat buah yang maksimal sebaiknya kita mengkonsumsinya bukan setelah makan, tapi 20-30 menit sebelum makan. Dengan cara ini, nutrisi dari buah yang kita makan bisa diserap secara maksimal oleh tubuh, dan juga menekan keinginan makan kita.

Teh Selama Makan

     Saat makan di resto, beberapa dari kita lebih memilih teh daripada air putih sebagai minuman. Padahal kandungan tanin dalam teh sebenarnya bisa menganggu penyerapan zat besi dan nutrisi yang kita makan. Selalu utamakan air putih, dan pastikan untuk selalu memberi jeda 1 jam sebelum atau sesudah makan jika ingin minum teh.

Makanan Bebas Gula

    Makanan bebas gula terdengar lebih sehat. Padahal jika diperhatikan di kemasannya, kandungan gula diganti dengan pemanis buatan yang juga punya dampak buruk bagi kesehatan. Jika kita ingin ngemil manis, kita bisa ganti dengan buah segar yang mengandung gula alami.

Jus Buah

     Buah-buahan yang sudah diproses jadi jus ternyata tidak sesehat yang kita bayangkan lho. Proses pembuatan jus sebenarnya bisa mengurangi nutrisi alami yang ada di dalam buah, juga bisa meningkatkan kadar fruktosa yang bisa membuat gula dalam darah kita melonjak. Lebih baik pilih buah segar.

(Source: pexels.com)

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Ngemil Bijak  yang diadakan oleh Ibu-Ibu Doyan Nulis”

https://bit.ly/lombablogngemilbijak



Comments

Pop Posts

Maraville Coffee

Braga Street - Bandung

When I’m Talking About SELF-LOVE